Sabtu, Januari 17, 2009

Event


Sebagai pusat kegiatan kesenian di daerah, Taman Budaya Palu melaksanakan berbagai event seni yang memprioritaskan seni tradisi sebagai kearifan lokal yang dimiliki masyarakat. Salah satunya adalah FORUM VULA DONGGA atau FOLANGGA. Pada tanggal 11 - 13 Desember 2008, Folangga telah memasuki pelaksanaan ke - 5.

Event tahunan ini diharapkan dapat menjadi major event Taman Budaya Palu. Di Folangga 5, kegiatannya meliputi : pentas seni pertunjukan 7 komunitas budaya lokal, yakni : Kulawi, Sigi, Palu, Parigi, Banawa, Sindue dan Tawaili.

Selain itu, juga digelar pertunjukan seni kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah, pameran seni dan festival band pelajar.

Folangga 5 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Acmad Yahya, SE tersebut, juga mengundang Prof. Dr. Triyono Bramantyo, M.Mus,Phd selaku Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta sebagai pembicara pada orasi budaya dalam acara pembukaan Folangga 5.

Seni budaya daerah sebagai aset untuk pengembangan pariwisata, menjadi topik utama orasi budaya dari Pak Bramantyo. Orisinalitas dan keragaman seni budaya Sulawesi Tengah menjadi sorotan utama Dekan FSP ISI tersebut, yang sangat kaya di Sulawesi Tengah dan menjadi modal utama bagi pengembangan serta kemajuan sektor pariwisata di daerah.

Pemda Propinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur mengharapkan agar Folangga di tahun - tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi dengan melibatkan seniman nasional bahkan mancanegara.

Selamat dan sukses FOLANGGA 5 Taman Budaya Palu.
Sampai bertemu di Folangga 6 tahun 2009..... Salam Budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar